Jumat, 01 Juni 2012

PENGARUH FUNGSI MEDIA MASSA TERHADAP PRIBADI


1.    Psikologi

Berbicara tentang pengaruh fungsi media  massa tentu memiliki dua dampak yang berbeda yakni berpengaruh postif dan berpengaruh negative. Dalam pembentukan karakter diri jika kita kaitkan dengan adanya media massa dalam kehidupan pribadi kita sangat berpengaruh. Yakni dapat merubah karakter kita atau termasuk bisa menjadi pembentuk karakter pribadi.  Namun, adanya media massa seperti televise maupun radio dan lain sebagainya  telah memberikan dampak perubahan yang drastis terhadap pribadi. Fungsi dari pada media massa ini telah mengubah karakter diri kita sendiri yakni yang dulunya kita belum tahu tentang internet dan lain-lainnya, kini kita semakin dekat dengan dunia. Bahwasanya kita mampu menggali informasi mengenai dunia melalui media massa itu sendiri. Melahirkan karakter baru untuk diri kita, yang awalnya masih kuno sekarang semakin banyak tahu. Dengan adanya kecanggihan alat elektronik pada saat ini. Namun tak selamnay perubahan itu berdampak baik bagi diri kita, namun ada pula dampak negatifnya, seperti kurangnya komunikasi secara langsung serta bisa berakibat fatal karena kita semakin tahu dengan dunia yang seharusnya kita belum tahu atau belum waktunya kita tahu. Namun, dengan adanya media mssa ini kita semakin jeli untuk mengetahui hal-hal yang kurang bermanfaat bagi kita sendri dan bahkan merugikan diri pribadi kita.

     Agama
Mengenai agama pengaruh dari fungsi media massa ini juga memberikan dampak positif dan negative. Positifnya yakni, dengan fungsi media massa ini kita bisa mengetahui atau menggali dan mengkaji ilmu agama kita melalui media massa ini. Kita bisa menyaksikan ceramah agama meskipun tempanya berbeda dengan kita sekaligus. Bahkan kita juga mampu mengetahui perkembangan ajaran agama walaupun kita hanya duduk-duduk saja. Bukan hanya itu saja, ajaran-ajaran agama dengan mudahnya kita bisa mendengarnya dan menyaksikan secara langsung. Namun ketika kita menyalahgunakan fungsi media massa ini maka semuanya akan berdampak negative terhadap agama kita sendiri. Bahkan agama yang kita ajari selama ini justru akan hancur begitu saja oleh perkembangan zaman yakni adanya media massa yang semakin menggiurkan kita untuk tahu dengan hal-hal yang bahkan telah berpaling dari agama kita sendiri. Namun terlepas dari semua itu fungsi media massa cukup membantu kita dalam hal mengkaji agama kita sendiri asalkan kita jangan terlalu terpengaruh atau melebur dalam perubahan jaman ini.

Moral

Tidak dapat dinafikan lagi, media massa merupakan penyumbang utama kepada keruntuhan moral di kalangan kita. Program-program televisi khasnya, lebih mementingkan hiburan daripada pendidikan. Tayangan-tayangan filem Barat contohnya, telah menolak unsur-unsur ketimuran yang member pengaruh dalam jiwa masyarakat. Adegan-adegannya hanyalah sebagai pemanjaan mata bagi mereka. Jadi, apabila filem tersebut dipertontonkan, sudah tentu golongan remaja seperti kita akan engan mudah akan meniru stail dan aksi artis pujaannya. Kemudian wujudlah budaya ‘punk’, bertindik di telinga kiri bagi lelaki, seks bebas, dan lebih dahsyat lagi pembuangan bayi yang semakin berleluasa. Secara tidak langsung, ia mencetuskan kemelut jati diri bagi remaja yang sedang mencari identitas diri.

2.    Orang Tua
Begitu besar progres perubahan pada media massa yang memiliki fungsi yang berpengaruh terhadap diri pribadi dengan orang tua. Pengaruhnya pun berdampak positif dan berdampak negative pula. Namun, fungsi media massa ini telah banyak membantu kita dalam melakukan sesuatu yang kita inginkan untuk memiliki hasil yang lebih maksimal. Begitu besar pengaruh dari pada fungsi media massa ini terhadap kehiduan. Orang tua khususnya, dari diri kita dalam hal percakapan pun memiliki perubahan yang baik dan kurang baik pula. Begitu pula dengan tingkah laku dan kedekatan kita kepada orang tua. Ada  kalanya sikap yang kita berikan kepada mereka telah membuat mereka bangga terhadap kita karena kita mampu memberikan contoh yang baik kepada yang lainnya melalui cara interaksi kita sendiri. Pengaruh media massa ini pula, berdampak buruk terhaap hubungan kita dan orang tua. Kita juga bisa melakukan hal-hal yang kurang memuaskan mereka. Budaya barat yang kita tonton di televise telah memberikan pengarug yang negative kepada kita dalam menghargai kedua orang tua kita. Bahkan kita semakin kurang ajar pula kepada mereka karena kita merasa telah gaul dan tidak membutuhkan nasehat mereka lagi. Padahal semua itu justru telah merrusak citra kita di hadapan mereke.


3.    Ekonomi

Berbicara tentang pengaruh fungsi media massa terhadap ekonomi dalam diri pribadi tentu memberikan dampak yang sama pula dengan yang lainnya, yakni berdampak positif dan berdampak negative pula. Positifnya adalah fungsi media massa ini banyak membantu kita dalam menjangkau segala urusan kita. Baik usrusan yang dekat maupun urusan yang sangat jauh dari tempat kita. Yang Dahulu, pada zaman manusia belum mencapai tahap pengetahuan yang tinggi, alat komunikasi dan perhubungan untuk menyampaikan saran kita tidak trcipta. dulu untuk menyampaikan pesan kepada seseorang pun hanya bisa melalui surat saja yang mana kadang jika pesan yang akan kita sampaikan jauh tentu surat tersebut akan lama pula sampainya. Namun, pada era teknologi kini, pesan–pesan dapat disampaikan dalam sekelip mata. Begitu besarnya pengaruh fungsi media massa terhadap perekonomian yang banyak membantu dan melancarkan segala sesuatu yang kita inginkan. Dengan adanya fungsi media massa ini kelancaran perekonomian juga semakin baik karena banyak memberikan bantuan untuk kelancaran perekonomian kita. Dengan adanya media massa ini pula telah memberikan perubahan terhadap perekonimian kita. Karena dengan perkembangan zaman kita semakin tergiur untuk melakukan perubahan pula. Maka dari itu, kita selalu berusaha untuk mengubah perekonimian kita.



4.    Masyarakat

Gejala sosial dan kebejatan moral semakin gawat dan meningkat hari demi hari. Perkembangan fungsi media massa yang tidak terkawal dan maju pesat telah memberikan banyak pengaruh terhadap hubungan kita degan masyarakat. Tambahan pula, kini wujud pula satu saluran maklumat yang canggih dan sistematik yaitu Internet disusul pula dengan mencipatakan pusat kafe. Pusat kafe menjadi sarang kepada golongan belia untuk melihat bahan-bahan negatif dan melakukan hal-hal yang bersifat pornografi yang mempunyai bahan-bahan yang kurang pas  dan unsur-unsur yang bertentangan dengan syariat Islam dan budaya masyarakat kita sendiri.

Pusat-pusat Internet menjadi tempat untuk para pelajar mencari segala informasi yang diinginkan. Kita sanggup berada di hadapan monitor komputer berjam-jam lamanya sehingga mengabaikan masa untuk sekolah hanya sekadar untuk mencari hiburan semata. Ini akan berakibat fatal dalam hal hubungan kita di dalam masyarakat. Kita sebagai penerus bangsa harus pintar-pintar mencarai informasi yang sanggup kita kaji dalam diri kita. Apalagi dalam hal melakukan interaksi social terhadap masyarakat. Fungsi media massa ini telah banyak merusak citra kita di kalangan masyarakat yang apabila kita sendiri terlalu terobsesi untuk mengikuti perubahan zaman.
Sebagai contoh majalah hiburan seperti Mangga dan Hai, ia memaparkan kehidupan seharian artis dan ada di antara gambar yang disiarkannya agak keterlaluan. Bagi mereka yang gemarkan media begitu akan menganggapnya sebagai hiburan biasa tetapi bagi golongan tertentu mereka melihatnya dari sudut yang berbeda dan menganggapnya sebagai keterlaluan serta lari dari budaya serta hukum agama sendiri.
5.    Pendidikan

Media massa mempunyai fungsinya yang tersendiri biar apa pun penafsiran yang diberikan terhadap sesuatu media. Lazimnya setiap media tersebut mempunyai sasaran khalayaknya yang tersendiri dan oleh itu fungsi yang dimainkanya agak berbeda malah kadang kala ada yang melihatnya dari perspektif yang negatif. Secara umum, para sarjana komunikasi bersetuju bahawa media massa mempunyai empat peranan utama yaitu pemerhati, pentafsir, penghubung dan penghibur. Keempat-empat peranan ini boleh dilihat dengan jelas berdasarkan sasaran setiap media, apakah ia memberikan manfaat kepada khalayak. Begitupun setiap fungsi mempunyai kebaikan dan keburukannya yang tersendiri. Khalayak sewajarnya dapat menilai di antara baik dan buruk suatu media bagi memastikan mereka memperoleh maklumat yang sebenarnya.

Menyangkut pendidikan, fungsi media massa ini berdampak baik dan berdampak negative pula. Dengan adanya fungsi media massa kita banyak dibantu dalam hal mencari ilmu pengetahuan. Banyak memberikan informasi dan banyak pengetahuan yang kita dapatkan dari media massa ini. Bahkan informasi yang kita belum ketahui sebelumnya, namun dengan adanya media massa ini kita mampu mengetahuinya dengan cepat. Pengetahuan-pengetahuan yang kita dapatkan pula tidaklah ketinggalan jaman. Dari belahan dunia manapun kita sanggup mengetahui informasinya dengan adanya media massa ini. Jadi pengaruh fungsi media massa terhadap pendidikan bagi diri kita sangatlah baik bagi diri pribadi kita. Namun kita harus pintar-pintar dalam meneyesuaikan pengetahuan yang kita dapatkan dengan kondisi pribadi kita. Apakah itu baik atau malah sebaliknya justru merusak pribadi kiata.

6.    Persaudaraan

Kaitannya dengan persaudaraan mengenai fungsi media massa memberikan pengaruh pula terhadap diri kita. Ada pengaruh positifnya dan ada juga pengaruh negatifnya. Fungsi media massa ini telah membantu kita dalam hal komunikasi dan interaksi terhadap sesama. Berbicara tentang komunikasi, antara kita dan hubungan persaudaraan akan semakin terjalin dengan baik apabila komunikasi kita berjalan lancar. Banyak juga membantu kita dalam hal berinteraksi dengan sesama khususnya hubungan kita dengan saudara kita sendiri. Apabila kita menyaksikan sinetro yang ada dala televise, tentu akan memberikan pengaruh baik buruk terhadap hubunban persaudaraan kita. Ketika menyaksikan adegan-adegan khususnya sinetron yang sekraang sedang menjamur di Indonesia  justru selalunya berhubungan dengan harta kekayaan dalam hal perebutan harta serta permusuhan yang terjadi dalam keluarga itu justru akan meberikan pengaruh pula terhadap hubungan persaudaraan kita. Kita juga harus pintar-pintar menonton film atau sinetron sebagai konsumsi yang menghibur mata dan juga menghibur otak. Bukan justru sebaliknya yang akan merusak hubungan kekeluargaan kita sendiri. Kita tidak boleh mencontoi hal-hal negative yang ada di sinetron, namun kita harus mampu mengambil hikmah disetiap adegan tersebut. Yang kurang baik untuk kita, tidak usah kita contohi dan yang baik kita harus mencontohinya agar bisa mewujudkan hubungan yang baik pula dalam persaudaraan.
Hubungan yang kita bina dengan saudara tentunya harus kita jaga agar jangan rusak hanya karena masalah sepele. Ya, dengan adanya media massa ini tentu memberikan pengaruh yang berdampak pula terhadap diri pribadi dengan hubungan kekerabatan kita. Dampaknya pun tergantung dari diri kita sendiri bagaimana untuk menyikapinya. Apalagi dalam hubungannya dengan persaudaraan kita, kita harus mampu menjadikannya sebgai pelajaran untuk menjaga bagaimana suatu hubungan persaudaraan itu akan terjaga tanpa adanya pengaruh dari media massa itu sendiri.

7.    Persahabatan

Dalam hal persahabatan tentu ini juga berpengaruh apabila kita mengaitkannya dengan fungsi media massa itu sendiri. Hubungan persahabatan akan berpengaruh dan berdampak baik dan kurang baik jika fungsi media massa ini ada. Adapun pengaruhnya sebenarnya tergantung dari diri kita bagaiman menyikapinya. Persahabatan bagi kita sangat penting. Untuk itu dampak dari fungsi media massa ini bagi persahabatan seharusnya berpengaruh dalam hal yang baik agar tidak merusak dari persahabatan kita sendiri. Kita tentu harus mampu menjaganya demi terwujudnya hubungan persahabatan yang baik. Bukan justru merusaknya, namun harus memberikan perubahan yang positif bagi kelangsungan hubungan persahabatan kita sendiri. Fungsi media massa ini telah memberikan banyak perubahan terhadap diri dalam hubungan persahabatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar